DISCLAIMER

"BLOG PINDAH KE http://JasonReonaldo.blogspot.com/"

Pengertian Minuman Keras Alkohol

Apakah yang terbayangkan di benak Anda bila ditanya pengertian minuman keras? Minuman keras bukan berarti bentuknya yang keras, melainkan dampak yang ditimbulkan. Bila dikonsumsi secara rutin, dapat menyebabkan gangguan kesehatan sehingga di namakan minuman keras.
Pada zaman sekarang ini, minuman keras sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Minuman tersebut banyak juga dijual di tempat-tempat umum dan harganya murah.
Sejak zaman dahulu, minuman keras sudah beredar di Indonesia, tapi bentuknya masih minuman yang tradisional, seperti arak. Pengertian minuman arak di kalangan masyarakat Indonesia memang sudah dipandang negatif. Hal tersebut dikarenakan banyaknya dampak negatif yang terjadi akibat meminum minuman keras. Dampak negatif tersebut akan dijelaskan secara rinci di bawah ini.

Pengertian Minuman Keras Berupa Alkohol

Minuman keras identik dengan minuman beralkohol. Alkohollah yang merupakan zat berbahaya dalam tubuh bila dikonsumsi. Jadi, minuman keras itu tidak lain adalah alkohol. Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung zat etanol, zat psikoaktif yang bila dikonsumsi akan mengakibatkan kehilangan kesadaran.
Minuman beralkohol merupakan minuman keras yang termasuk kategori jenis zat narkotika yang mengandung alkohol, tidak peduli berapa kandungan alkohol di dalamnya. Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa bahwa setetes alkohol saja dalam minuman hukumnya sudah haram.
Minuman keras alkohol mengandung etil alkohol yang diperoleh dari hasil fermentasi madu, gula, sari buah, atau umbi-umbian. Lamanya proses fermentasi bergantung pada bahan dan jenis produk minuman keras yang dihasilkan. Kandungan etanol yang dihasilkan dalam fermentasi minuman keras beralkohol biasanya berkisar antara sekitar 18%. Umumnya, minuman keras tidak akan awet pada lingkungan dengan kandungan etanol di atas 18%.
Minuman keras beralkohol dengan kandungan etanol yang lebih tinggi dapat dihasilkan melalui proses distilasi terhadap produk yang dihasilkan melalui proses fermentasi. Misalnya, untuk menghasilkan minuman keras alkohol berkadar etanol tinggi, dengan cara mencampur produk hasil fermentasi dengan produk hasil distilasi. Contohnya, port wine dan sherry yang termasuk kelompok fortified wine.

Jenis-Jenis Minuman Keras

Minuman keras memiliki varian-varian tertentu berdasarkan bahan pembuatannya dan kadar etanol yang dikandungnya. Berikut jenis-jenis minuman keras alkohol dengan kadar etanol yang dimilikinya.
  • Bir 3-5%.

  • Wine 9-18%.

  • Anggur obat 9-18%.

  • Liquor Min.24.

  • Whisky Min.30.

  • Brandy Min.30.

  • Genever Min.30.

  • Cognac Min.35.

  • Gin Min.38.

  • Rum Min.38.

  • Arak Min.38.

  • Vodka Min.40.
Berdasarkan Kepres No. 3 Tahun 1997 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol, minuman beralkohol dibagi menjadi 3 golongan.
  • Golongan A: kadar etanol 1-5% (Bir Bintang dan Green Sands).

  • Golongan B: Kadar etanol 5-20% (Anggur Malaga).

  • Golongan C: Kadar etanol 20-55% (Brandy dan Whisky).

Dampak Buruk Minuman Keras Alkohol bagi Kesehatan

Minuman keras alkohol yang mengandung zat narkotika etanol, tentu memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi secara rutin. Dampak buruk yang ditimbulkan berdasarkan dari jenis dan jumlah alkohol yang dikonsumsi, usia, berat badan, jenis kelamin, serta makanan yang ada di dalam lambung ketika meminum minuman keras.

1. Pengaruh dalam Jangka Pendek

Konsentrasi alkohol yang kita minum beredar dalam darah, menimbulkan euphoria ringan dan stimulasi terhadap perilaku lebih aktif seiring meningkatnya konsentrasi alkohol dalam darah. Kemudian, efek yang dapat dilihat dalam jangka pendek adalah risiko mabuk atau teler sehingga dapat menyebabkan penurunan kesadaran.

2. Pengaruh Dalam Jangka Panjang

Meminum minuman keras alkohol dalam jangaka panjang akan menyebabkan terserang berbagai penyakit, seperti kerusakan jantung, tekanan darah tinggi, stroke, kerusakan hati, kanker saluran pencernaan, gangguan pencernaan, impotensi, risiko kanker payudara, kesulitan tidur, kerusakan otak dengan perubahan kepribadian, dan sulit dalam mengingat dan berkonsentrasi.

Minuman Keras di Masyarakat

Minuman keras memang sudah menjadi hal yang tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak sadar pengertian minuman keras itu sendiri, sehingga sering tidak dipedulikan.
Kesadaran bahayanya minuman keras bagi diri sendiri dan orang lain, belum sepenuhnya terwujud. Ketidakpedulian masyarakat akan bahaya minuman keras dan kurangnya penyuluhan kepada masyarakat tentang bahayanya minuman keras, juga menjadi penyebab maraknya minuman keras di kalangan masyarakat.
Masyarakat Indonesia memang sejak dahulu telah mengenal minuman keras berupa arak. Bukan berarti minuman arak itu adalah sebuah kebudayaan, tapi arak itu adalah minuman yang dibawa oleh para saudagar atau pedagang dari luar Indonesia.
Memang pada awalnya minuman arak tersebut bertujuan untuk menghangatkan badan pada saat musim dingin. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, minuman arak ini disalah gunakan. Orang-orang menjadi ketagihan dan meminum arak dengan berlebihan, sehingga mengakibatkan orang tersebut mabuk.
Menghilangkan stres juga menjadi salah satu alasan seseorang untuk meminum arak. Para pedagang zaman dahulu, sering meminum arak karena untuk melepas lelah dan stres. Memang rasa lelah dan stresnya hilang, tapi karena meminum terlalu banyak arak, sehingga menjadi mabuk.
Kebiasaan tersebut merambah ke masyarakat luas, sehingga orang-orang yang belum pernah merasakan arak, ingin mencobanya. Waktu itu, ilmu kesehatan belum berkembang, sehingga masyarakat tidak tahu dampak negatif dari arak bagi kesehatan.
Mereka hanya tahu bahwa arak itu dapat membantu menghangatkan badan, menghilangkan rasa lelah, dan stres, serta membuat mabuk. Dampak bagi kesehatan tubuh memang belum terlihat, tapi akibat dari mabuk dapat terlihat.
Dengan adanya orang yang mabuk minum arak mengakibatkan banyaknya terjadi kekacauan, seperti perkelahian. Karena orang yang mabuk itu cenderung tidak sadar akan dirinya, seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Seiring perkembangan zaman, minuman keras mulai berkembang juga. Minuman keras zaman sekarang banyak macam dan bentuknya, serta bahan yang digunakannya pun bermacam-macam, tidak hanya arak.
Makanan yang tadinya tidak memabukkan, zaman sekarang ini dapat juga dibuat memabukkan. Banyak cara untuk membuat seseorang itu mabuk, tidak hanya dengan minuman keras atau arak.
Perkembangan minuman keras di Indonesia ini termasuk sangat tinggi. Padahal di dalam hukum negara Indonesia ada peraturan yang melarang untuk menjual, mengedarkan, dan meminum minuman keras. Akan tetapi, peraturan tersebut malah dianggap angin lalu saja.
Buktinya, sampai sekarang ini, masih banyak orang yang mengonsumsi dan menjual minuman keras secara bebas. Minuman keras mudah ditemukan dan harganya pun relatif terjangkau.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, minuman keras yang sebagian besar berbahan dasar alkohol memang sangat mudah ditemukan. Harag alkohol yang relatif murah dan dijual di pasaran memudahkan para pecandu minuman beralkohol untuk meracik minuman beralkohol.
Apabila ada orang yang tidak mampu membeli minuman keras yang mahal, biasanya mereka meracik minuman keras tersebut sendiri. Dengan haraga bahan yang murah dan mudah didapatkan, tidak menghalangi mereka membuat minuman keras. Mereka hanya berpikir bahwa mereka harus minum dan mabuk.
Mungkin saja tujuan utamanya sama dengan orang-orang zaman dahulu, yaitu untuk menghangatkan tubuh dan menghilangkan stres. Akan tetapi, kenyataannya tidak seperti itu, setelah meminum minuman keras, orang tersebut menjadi ketagihan, sehingga terus menerus untuk meminum minuman keras sampai orang tersebut mabuk.
Minuman keras beredar dan dikonsumsi bukan hanya oleh kalangan orang tua saja. Zaman sekarang, banyak para remaja yang sudah merasakan minuman keras, bahkan anak kecil pun ada.
Kalangan remaja yang seharusnya berbadan sehat dan segar, menjadi kuyu dan tidak sehat karena sering meminum minuman keras. Dampak yang terjadi adalah moral generasi penerus bangsa Indonesia menjadi rusak karena minuman keras dapat merusak moral manusia secara tidak langsung.
Apakah mereka tidak memahami pengertian minuman keras itu? Mereka menyamakannya dengan minuman biasa saja, padahal itu tidak sama. Untuk itu, penyuluhan tentang bahayanya minuman keras bagi kesehatan fisik dan moral, perlu dilakukan, khususnya di kalangan remaja.
Dengan memberi tahu pengertian minuman keras itu apa, bahaya bagi tubuh, dan dampak ke depannya dengan meminum minuman keras, para remaja akan mengerti pengertian minuman keras bagi diri dan lingkungannya.
Pentingnya hidup yang sehat dan sejahtera diperlukan juga. Hal tersebut dapat dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekitar rumah, sampai ke masyarakat umum.
Demikian penjelasan mengenai pengertian minuman keras dan dampaknya. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.
Share this article :

+ komentar + 6 komentar

18 Agustus 2015 pukul 19.43

penjelas tentang pengertian minuman keras ini benar2 sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan saya gan.
makasih banyak atas informasinya gan.

18 Agustus 2015 pukul 19.49

makasih banyak atas penjelasan tentang minuman keras alkohonnya gan..
mantap artikel ni.

4 November 2016 pukul 14.49

Agenpoker.biz merupakan solusi judi poker online terbaik dalam permainan poker. Segera daftarkan diri anda dan dapatkan Bonus Depo New Member dan Bonus Pulsa.
Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

21 Maret 2017 pukul 04.35

Produsen dan pengedar miras di negara demokrasi ini sejak JAman DahULu hingga Sekarang masih dibolehkan beroperasi. Sampai kapan yaa?? #mikir #Islam

7 Juli 2018 pukul 17.41

Kunjungi blog ini juga ya
https://indopintar.blogspot.com

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik jika ingin komentar mu di balas :D

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ExTrone - All Rights Reserved
Template Created by Xtrone Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger